Hak cipta © 2011-2014 Pengurus Pusat Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia

webmaster@ilki-online.org

Beranda Organisasi Berita Peraturan PN PME Media Tautan Kontak

Program Nasional Pemantapan Mutu Eksternal (PN PME) adalah suatu program untuk menilai penampilan pemeriksaan laboratorium secara periodik, serentak, dan berkesinambungan yang dilakukan oleh pihak luar laboratorium (independen) dengan jalan membandingkan hasil pemeriksaan laboratorium peserta terhadap nilai target.

Dalam skala internasional, akreditasi laboratorium yang menggunakan standard ISO/IEC Guide 17025:1999 untuk laboratorium penguji, dan ISO 15189:2003 untuk laboratorium medis/klinis, juga mewajibkan laboratonium mengikuti Uji Profisiensi. Uji Profesiensi adalah "penentuan unjuk kerja pengujian laboratorium dengan cara membandingkan antar laboratorium" atau "determination of laboratory testing performance by means of interlaboratory comparisons" yang tertuang dalam ISO Guide 43:1997, (Proficiency testing by interlaboratory comparisons).

Sejak tahun 2005 PN PME diselenggarakan secara kerjasama antara pemerintah dan swasta karena belum terbentuknya Badan Independen Penyelenggara Program PME Laboratorium Kesehatan Nasional.  Penyelenggara Program PME Swasta dikelola bersama-sama antara Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dengan Pengurus Ikatan Laboratorium Kesehatan Indonesia (PP ILKI).

Berdasarkar Kesepakatan Bersama (MOU) terakhir antara Kementerian Kesehatan dan Pengurus Pusat ILKI yang ditandatangani oleh dr. Zamrud Ewita Aldy, SpPK, MM, Direktur Bina Pelayanan Penunjang Medik Dirjen Bina Pelayanan Medik Kemkes RI dan Sri Suparti, Ketua Umum PP ILKI Nomor: HK.06.20/V.5/5271/2010 dan Nomor: 89/MOU/PP/ILKI/10-2010 tanggal 12 Oktober 2010 :


Program Nasional Pemantapan Mutu Eksternal (PN PME)
Peserta PN PME

1. Lingkup pekerjaan Dit BPPM Dirjen BPM Kemkes RI meliputi teknis dan administrasi:

a. Melaksanakan bimbingan dalam penyelenggaraan Program PME Laboratorium Kesehatan Swasta, dengan terlebih dahulu menginformasikan kegiatan kepada para Pihak yang terkait dalam Penyelenggaraan Program PME Laboratorium  Kesehatan Swasta.

b. Menyelenggarakan kegiatan Program PME Laboratorium  Kesehatan Swasta meliputi Regulasi dan Pengawasan Kualitas untuk Pemantapan Mutu pada Laboratorium Swasta.

2.   Lingkup pekerjaan Pengurus Pusat ILKI meliputi pengaturan dana dan administrasi, yaitu memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan Program Nasional PME Laboratorium Kesehatan Swasta.